Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkes Sebar 45 Juta Stok Vaksin Untuk Implementasi Target Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 18:20 WIB
Menkes Sebar 45 Juta Stok Vaksin Untuk Implementasi Target Jokowi
Jurubicara Vaksinasi Covid-19 sekaligus Direktur Jendral Pencegahan dan Pegendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Nadia Tarmizi/Net
rmol news logo Target satu juta vaksinasi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo bakal segera diimplementasi Kementerian Kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, bakal mengeluarkan puluhan juta stok vaksin yang dimiliki pemerintah untuk disebar ke seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

"Stok vaksin ada hampir 45 juta dosis, perlahan-lahan kita distribusikan tiga sampai lima juta. Kita mau menuju satu juta dosis penyuntikan per hari ke seluruh Indonesia," ujar Jurubicara Vaksinasi Covid-19, Nadia Tarmizi dalam diskusi virtual Populi Center, Sabtu (19/6).

Direktur Jendral Pencegahan dan Pegendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ini mengatakan, sampai saat ini vaksinasi yang bisa diselesaikan dalam per harinya baru sebanyak 600 ribu suntikan.

Sehingga, melalui distribusi stok vaksin yang ada diharapkan cakupan vaksinasi bisa semakin banyak dan mempercepat terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity.

Di samping itu, Kemenkes juga mencatat adanya ketimpangan distribusi vaksin di sejumlah daerah. Karena pada awalnya, pemerintah memprioritaskan daerah-daerah yang menjadi episentrum kasus Covid-19 seperti Jabodetabek, Bandung Raya dan Kudus.

Namun kata Nadia, untuk mencegah penyebaran virus semakin masif, sejumlah daerah berisiko tinggi sudah memulai vaksinasi untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas termasuk lansia.

"Pada daerah yang ada peningkatan kasusnya signifikan sudah buka untuk 18 tahun ke atas seperti Jabodetabek, Bandung Raya dan Kudus serta Bangkalan," beber Nadia.

"Ini jadi imbauan kami, di Juli saat vaksin sudah banyak, masyarakat segera vaksinasi, juga enggak usah ragu. Orangtua diajak juga. Kita ingin memprioritaskan lansia mendapatkan vaksinasi," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA