Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yakinkan Produk Bayi Dan Anak Yang Miliki Izin Edar Sudah Aman, BPOM: Jangan Lupa Cek KLIK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 24 Juni 2021, 17:23 WIB
Yakinkan Produk Bayi Dan Anak Yang Miliki Izin Edar Sudah Aman, BPOM: Jangan Lupa Cek KLIK
Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM, Dra Rita Endang/Reprp
rmol news logo Sudah menjadi tanggung jawab para orang tua untuk memperhatikan segala kebutuhan anak-anaknya. Namun, proses pengambilan keputusan dalam membeli produk bayi dan anak seringkali butuh waktu yang cukup lama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ada banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan. Mulai dari material bahan yang digunakan, harga, kesesuaian dengan usia anak, serta jangka waktu pemakaian produk tersebut.

Menurut Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM, Dra Rita Endang, pengawasan Badan POM dilakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir. Sehingga, para orang tua tak perlu cemas ketika memilih produk bayi dan anak jika sudah memiliki izin edar dari BPOM.

“Pengawasan harus memenuhi standar diproduksi dengan sesuai cara olahan yang baik. Kemudian diregistrasikan dengan persyaratan, seperti mutu dan nilai gizi. Setelah sesuai dengan standar maka akan diberikan nomor izin edar. Nomor izin edar ini digunakan untuk melakukan distribusi,” ujar Rita saat menjadi Keynote Speaker acara Penghargaan Mom’s Favorite: Baby and Kids Brand Awards 2021 “Mothers’ Love for Fulfilling Children’s Growth", Selasa (22/6).

“Terkait dengan ketentuan pangan bayi dan anak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 bahwa memang setiap orang, pelaku usaha yang memproduksi dan mempedagangkan wajib memenuhi keamanan dan mutu pangan. Nah, demikian juga dengan iklan yang jual harus memberikan informasi, keterangan pangan yang benar, tidak menyesatkan, tidak berlebihan, baik dalam bentuk gambar atau suara, pernyataan dan bentuk apapun,” sambungnya.

Rita juga menjelaskan, setiap kemasan pangan sudah memiliki barcode dan itu bisa dipindai untuk menunjukkan informasi soal nama, bentuk sediaannya, serta nomor izin dari produk tersebut.

“Dengan begitu, masyarakat bisa tahu kejelasan produk. Jadi sekali lagi pesan dari Badan POM adalah jangan lupa ketika membeli produk, cek KLIK: cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar, dan cek Kadaluwarsa. Jangan lupa ada nomor telepon yang bisa dihubungi Hallo BPOM 1500533 untuk menyampaikan masukan, informasi, atau keluhan terkait dengan pangan,” tandasnya.

Penghargaan bertajuk Mom’s Favorite: Baby and Kids Brand Awards 2021 “Mothers’ Love for Fulfilling Children’s Growth" ini merupakan hasil riset dengan menggunakan beberapa indikator, seperti reputasi perusahaan, publikasi dan juga advertising menggunakan metode voting untuk produk bayi dan anak di Indonesia.

Para pemenang penghargaan ditentukan secara langsung oleh pembaca HerStory melalui akun Instagram resmi yang sudah mencapai 1.500 responden. Kategori usia yang menjadi dasar penelitian ini adalah bayi di bawah usia 2 tahun dan anak-anak usia 2 hingga 10 tahun.

“Tema tersebut dipilih karena HerStory percaya salah satu bentuk kasih sayang seorang ibu terhadap buah hatinya adalah melalui pemenuhan setiap kebutuhan sang anak. Melalui penghargaan kali ini, diharapkan brand perlengkapan bayi dan anak terbaik di Indonesia terus semangat berinovasi dan adaptif dalam membantu para ibu untuk merawat dan memenuhi kebutuhan si kecil,” tutur Pemred HerStory, Clara Aprilia Sukandar, saat membuka acara penghargaan yang diselenggarakan secara virtual ini.

“Kondisi pandemi Covid-19 ini tentu berpengaruh bagi para ibu di Indonesia. Peran seorang ibu dalam rumah tangga sangatlah besar, mereka yang menentukan hal-hal kecil hingga besar dalam rumah tangga. Termasuk berbelanja kebutuhan si buah hati,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari hasil survei The Asian Parent pada 2017, yang diikuti lebih dari 1.000 ibu di tanah air, sebanyak 98% merupakan decision maker dalam pembelian keperluan rumah tangga.

“Dari sekian banyak kebutuhan rumah tangga, ternyata kategori kids fashion serta child and baby product menjadi hal yang paling banyak di cari oleh ibu di tanah air. Jika berbicara soal rutinitas belanja ternyata ibu di Indonesia itu setidaknya dua kali dalam sebulan selalu berbelanja secara online,” tutup Clara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA