Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nakes Wisma Atlet Gugur, Puan: Kita Hormati Pejuang Kesehatan Dengan Taat Prokes

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 25 Juni 2021, 16:12 WIB
Nakes Wisma Atlet Gugur, Puan: Kita Hormati Pejuang Kesehatan Dengan Taat Prokes
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Ist
Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan belasungkawa atas gugurnya Liza Putri Noviana, tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Liza adalah nakes di Wisma Atlet pertama yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

“Saya merasakan duka dan ingin mengucapan terima kasih yang tulus kepada Liza Putri Noviana yang telah gugur dalam menjalankan tugas mulia di garda terdepan melawan Covid-19,” tutur Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/6).

Politisi PDI Perjuangan itu berharap agar keluarga dan rekan-rekan Liza diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Baginya, perjuangan dan pengorbanan Liza sangat berarti bagi kemanusiaan dan patut menjadi inspirasi.

“Mari kita hormati pengorbanan Liza dan para nakes yang gugur dengan taat protokol kesehatan dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari, serta mendukung program vaksinasi, juga menerapkan gaya hidup sehat,” katanya.

Liza telah mengabdi sebagai perawat di Wisma Atlet sejak awal masa pandemi pada Maret 2020. Dia meninggal dunia sepekan setelah dirawat di ruang ICU. Liza juga diketahui tengah mengandung.

Seluruh nakes di Wisma Atlet sempat mengiringi kepulangan almarhumah Liza. Mereka menyalakan lilin sebagai tanda penghormatan ketika jenazah Liza keluar untuk diantarkan ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Selama pandemi Covid-19, tercatat 968 tenaga kesehatan telah gugur saat bertugas. Jumlah tersebut terdiri dari 374 dokter, 39 dokter gigi, 311 perawat, 149 bidan, 6 rekam radiologi, 3 terapis gigi, 2 petugas ambulans, 26 ahli teknologi lab medik, 3 tenaga farmasi, 9 apoteker, 5 sanitarian, 3 elektromedik, 1 fisikawan medik, 2 epidemiolog, 1 entomolog kesehatan, dan 34 nakes lainnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA