Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkes Tetapkan Tiga RS Di Jakarta Khusus Tempat Perawatan Pasien Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 25 Juni 2021, 20:29 WIB
Menkes Tetapkan Tiga RS Di Jakarta Khusus Tempat Perawatan Pasien Covid-19
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/Net
rmol news logo Dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan menetapkan tiga rumah sakit (RS) di Jakarta khusus untuk tempat perawatan pasien terpapar virus.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada tiga RS yang dikonversi untuk khusus menangani pasien Covid-19.

Ketiga RS tersebut adalah RSPI Silianti Saroso di Jakarta Utara, RSUP Fatmawati di Jakarta Selatan, dan RSUP Prsahabatan di Jakarta Timur.

"Ada ratusan tempat tidur baru, lengkap dengan peralatan, lengkap dengan dokter dan perawat yang berpengalaman untuk bisa melayani para pasien yang sakit di DKI Jakarta,” ujarnya dalam keterangan pers secara virtual, Jumat (25/6).

Budi memastikan setiap perkembangan yang terjadi di lapangan akan dilakukan langkah intervensi yang diperlukan dengan segera. DAlam implementasinya, Kemenkes akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, Satgas Penanganan Covid-19, serta TNI dan Polri.

"Mengenai ketersediaan tempat tidur khususnya di daerah DKI Jakarta, saya bersama Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, dan Gubernur selalu mengoordinasikan untuk memastikan agar jumlah tempat tidur yang ada cukup dan mengikuti perkembangan jumlah kasus yang masuk," ungkapnya.

Selain itu, Budi menerangkan bahwa kini dirinya tengah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito untuk mengonversikan semua kamar Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS menjadi ruang isolasi. Sementara layanan IGD akan dilakukan di tenda-tenda di luar rumah sakit.

"Kita berterima kasih karena BNPB sudah sangat membantu untuk menambah tenda-tenda di luar rumah sakit sebagai tempat IGD sehingga kita bisa menggunakan ruang IGD yang ada sebagai tempat isolasi," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA