Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Melonjak, 29 Daerah Zona Merah Tercatat Di Pulau Jawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 Juni 2021, 18:25 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, 29 Daerah Zona Merah Tercatat Di Pulau Jawa
Pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit/Net
rmol news logo Terdapat 29 zona merah merah di wilayah Pulau Jawa seiring penambahan kasus Covid-19 yang kian menanjak belakangan ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut dikatakan Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Satgas BNPB), Alexander Ginting, dalam diskusi "Polemik: Covid Gawat Darurat", Sabtu (26/6).

"Sampai saat ini di Pulau Jawa ada 29 daerah yang melaporkan bahwa ada penambahan zonasi merah," kata Alexander.

Hanya saja, Alexander tidak merinci 29 daerah yang tercatat masuk dalam kategori zona merah di Pulau Jawa terletak di provinsi atau kabupaten/kota mana saja.

Menurut dia, data itu terdapat di situs kabupaten/kota masing-masing provinsi.

Namun, Alexander mengaku telah menerima laporan adanya zona merah di luar Pulau Jawa. Yakni Pulau Sumatera dan sekitarnya.

"Paling banyak di Sumatera Barat (Sumbar), ada empat zona merah. Yakni Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, dan Kota Bukittinggi," bebernya.

Kemudian selain itu, ada beberapa kabupaten di Aceh yang juga terdaftar sebagai zona merah. Lalu, dua daerah di Sumatera Selatan, yakni Muara Enim dan Palembang.

"Kemudian di Riau ada di Kabupaten Rokan Hulu, Pekanbaru, Bintan, Kepulauan Riau. Lalu, Lampung dan juga di Bengkulu bagian kota," imbuhnya.

Alexander mengimbau masyarakat yang berada di zona merah untuk mengurangi mobilitas. Menurut dia kegiatan ibadah dapat dilakukan di rumah masing-masing.

Selain Alexander, hadir pembicara lain Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M Faqif, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhillah, Epidemolog UI Budi Haryanto dan penyintas Covid-19 klaster keluarga Budhi Setiawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA