Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pekan Depan Rusun Pasar Rumput Dioperasikan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 03 Juli 2021, 21:36 WIB
Pekan Depan Rusun Pasar Rumput Dioperasikan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito (baju putih memakai rompi) saat meninjau persiapan Rusun Pasar Rumput sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 di Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 Juli/Repro
rmol news logo Keterbatasan tempat isolasi pasien positif Covid-19 ditindaklanjuti pemerintah, melalui Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) dan stakeholder terkait, dengan mengubah fungsi rumah susun (Rusun).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu rusun di Jakarta yang akakn disulap menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 adalah Rusun Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Letkol TNI Drg. M Arifin selaku Komandan Lapangan RS Wisma Atlet mengatakan, pihaknya menargetkan agar persiapan Rusun Pasar Rumput dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu.

Target itu ditetapkan atas dasar pertambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta masih terus terjadi dan naik signifikan.

"Paling lama satu minggu harus sudah beroperasi. Karena urgent,” jelas Letkol TNI Drg. M Arifin, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Sementara itu, menurut data yang dihimpun hingga Sabtu (3/7), Kedeputian Logistik dan Peralatan BNPB telah mengirimkan sejumlah peralatan meliputi 375 unit ranjang, 2 ribu bantal, 786 kasur, 130 sprei, 130 sarung bantal dan 150 kasur dari dunia usaha.

Beberapa peralatan lainnya akan dikirimkan secara bertahap sebagaimana arahan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, guna memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana Rusun Pasar Rumput sesuai standar yang telah ditetapkan untuk isolasi mandiri terpusat.

“Gantungan baju, handuk, gayung, ember, lemari pakaian harus disiapkan juga,” jelas Ganip yang juga selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19," terangnya.

Dalam hal ini, kapasitas yang disediakan untuk tempat isolasi di Rusun Pasar Rumput sementara ada sebanyak 698 hunian yang masing-masing akan diisi tiga tempat tidur.

Adapun persiapan tersebut melibatkan beberapa unsur mulai dari BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Pasar Jaya DKI Jakarta dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA