Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

70 Persen Kasus Covid-19 Bangkok Adalah Varian Delta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Juli 2021, 06:20 WIB
70 Persen Kasus Covid-19 Bangkok Adalah Varian Delta
Petugas menyemprotkan disinfektan di Samut Sakhon, Thailand/Net
rmol news logo Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Pusat Keunggulan Virologi Klinis di Universitas Chulalongkorn, menunjukkan bahwa varian Delta mendominasi 70 persen orang di Bangkok yang jatuh sakit karena Covid-19.

Hasil penelitian itu diungkapkan oleh Yong Poovorawan, direktur pusat tersebut, di halaman Facebook-nya.

Menurutnya, setelah gelombang pertama Covid-19, strain virus corona dari Wuhan itu muncul pada gelombang kedua di akhir tahun lalu dengan hotspot diidentifikasi di pasar udang pusat di Samut Sakhon.

Dia mengatakan, virus tersebut diduga berasal dari Myanmar.

"Gelombang ketiga saat ini didominasi oleh varian Alpha (Inggris) yang menularkan 1,7 kali lebih cepat daripada jenis Wuhan," kata Yong.

Kluster pertama selama wabah infeksi ketiga berpusat di distrik hiburan kelas atas Thong Lor. Varian Alpha diyakini menyebar dari Kamboja.

Karena wabah saat ini berlanjut, varian Delta dari India pun terus membuat terobosan. Ini 1,4 kali lebih mudah menular daripada strain Alpha.

Pusat tersebut telah menjalankan penelitian pada lebih dari 700 kasus Covid-19 di Bangkok, yang mengkonfirmasi penularan yang cepat. Studi ini juga menunjukkan bahwa 70 persen subjek terinfeksi varian Delta, dan tidak selalu mungkin untuk mengetahui di mana orang tertular virus. Studi ini juga memprediksi varian Delta akan melonjak - terutama di ibu kota.

Supakit Sirilak, direktur jenderal Departemen Ilmu Kedokteran (DoMS), membenarkan bahwa infeksi varian Delta memang sedang meningkat.

Menurut angka terbaru departemen yang dirilis pada 28 Juni, secera keseluruhan di Thailand, Alpha tetap menjadi varian dominan, terhitung 80 persen dari infeksi. Kemudian diikuti oleh varian Delta (16,5 persen) dan Beta (Afrika Selatan) (3,2 persen).  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.