Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksin Buatan India 65 Persen Ampuh Lawan Virus Corona Varian Delta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 07 Juli 2021, 08:15 WIB
Vaksin Buatan India 65 Persen Ampuh Lawan Virus Corona Varian Delta
Covaxin, vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi India, Bharat Biotech/Net
rmol news logo Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi India, Bharat Biotech, dilaporkan memiliki efektivitas hingga 65,2 persen melawan virus corona varian Delta.

Angkat tersebut merupakan hasil analisis akhir uji klinis fase 3 yang dilakukan perusahaan yang dirilis pada Sabtu (3/7), seperti dimuat CNN.

Uji klinis fase 3 untuk Covaxin melibatkan 25.800 peserta berusia 18 hingga 98 tahun. Dari jumlah tersebut, 2.433 orang berusia di atas 60 tahun, dan 4.500 memiliki penyakit penyerta.

Hasil analisis telah dipublikasi tanpa peer review di MedRxiv.

Selain itu, Bharat Biotech juga menyebut Covaxin memiliki tingkat keampuhan 93,4 persen terhadap Covid-19 yang parah, dan 77,8 persen terhadap infeksi simtomatik.

Di India, Covaxin telah mengantongi izin penggunaan darurat sejak Januari, sebelum hasil uji klinis fase 3 dirilis. Selain India, vaksin ini juga telah diberi otorisasi di 16 negara, termasuk Brasil, Filipina, Iran, dan Meksiko.

"Covaxin tidak hanya akan bermanfaat bagi warga India tetapi juga akan sangat berkontribusi untuk melindungi komunitas global dari virus mematikan (Covid-19," ujar Direktur Jenderal Dewan Penelitian Medis India (ICMR) Balram Bhargava. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA