Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beberapa Negara Sudah Capai Herd Immunity, Satgas Covid Sebut Pandemi Bakal Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 07 Juli 2021, 18:26 WIB
Beberapa Negara Sudah Capai Herd Immunity, Satgas Covid Sebut Pandemi Bakal Berakhir
Ilustrasi virus corona/Net
rmol news logo Mengacu beberapa negara yang telah mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menilai hal tersebut menjadi tanda bahwa pandemi akan berakhir.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Finish-nya mulai keliatan. Kita lihat beberapa negara di dunia sudah mencapai herd imunity," ujar Sonny dalam webinar "PPKM Darurat, Indonesia Selamat", Rabu (7/7).
Dengan begitu, kata Sonny, saat ini Covid-19 hanya tersisa di negara-negara yang belum mencapai herd immunity. Jika demikian, kata dia, level pandemi Covid-19 dapat menurun menjadi endemi.

"Kalau ternyata negara di dunia sudah bisa menurunkan level penularannya, positivity rate-nya di bawah 1 persen. Kita bisa menurunkan statusnya menjadi endemi," jelas Sonny.

Setelah menjadi endemi, Sonny mengatakan penularan Covid-19 akan seperti penyakit demam berdarah (DB) maupun malaria yang muncul kadang-kadang dan di wilayah tertentu.

"Malaria, masih ada enggak? Masih ada. Tapi munculnya kadang kadang dan di daerah tertentu," demikian Sonny.
Hal tersebut dapat tercapai hanya ketika seluruh masyarakat dunia mengikuti vaksinasi, menjalankan protokol kesehatan, serta 3M dan 3T.

"Jadi kalau kita punya fighting Spirit, lari ya sampai finish dan seluruh dunia melakukan hal yang sama mendukung program vaksinasi dan patuh protokol kesehatan, melaksanakan 3T sebaik-baiknya," pungkas Sonny.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA