Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kiriman 3 Juta Dosis Vaksin Moderna Dari AS Tiba Di Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Juli 2021, 13:37 WIB
Kiriman 3 Juta Dosis Vaksin Moderna Dari AS Tiba Di Indonesia
Ketibaan tiga juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dari Amerika Serikat/Repro
Kiriman 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia.

Ketibaan vaksin disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Dutabesar AS untuk Indonesia Sung Kim, serta perwakilan WHO dan UNICEF secara virtual pada Minggu (11/7).

"Alhamdulillah, pada hari ini Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerjasama internasional dari pemerintah AS melalui jalur multilateral Covax Facilities," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno mengatakan, kiriman saat ini merupakan tahap pertama dari vaksin Moderna dari AS. Lantaran berdasarkan komunikasi dengan pihak AS, Washington berkomitmen untuk memberikan 4.500.160 dosis vaksin kepada Indonesia.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin meyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap pemerintah AS yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui Covax Facility ini," lanjutnya.

Dengan kiriman vaksin Moderna dari AS hari ini, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin, baik berupa bahan baku atau sudah jadi.

Rinciannya meliputi 108,5 juta dosis vaksin Sinovac yang sebagian besar dalam bentuk bahan baku, 8,2 juta dosis vaksin AstraZeneca dari jalur Covax, 2 juta vaksin Sinopharm, 998.400 dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang, dan 3 juta dosis vaksin Moderna dari AS.

Menurut Menlu Retno, Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan vaksin dari beberapa negara, termasuk Jepang yang akan mengirimkan tahap kedua kiriman vaksin AstraZeneca, Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab (UEA).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA