Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lonjakan Varian Delta, WHO Ingatkan Dunia Berada Pada Tahap Awal Gelombang Ketiga Covid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Juli 2021, 15:40 WIB
Lonjakan Varian Delta, WHO Ingatkan Dunia Berada Pada Tahap Awal Gelombang Ketiga Covid
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa saat ini Dunia berada dalam tahap awal gelombang ketiga pandemi.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan dalam sambutan pembukaan rapat ke-8 Komite Darurat IHR tentang Covid-19 bahwa dalam seminggu terakhir kasus Covid-19 meningkat secara global.

"Angka kematian pun meningkat kembali, seelah 10 minggu sempat mengalami penurunan," katanya, menambahkan bahwa virus terus berevolusi sehingga menghasilkan varian yang lebih menular.  

Merujuk pada penyebaran varian Delta yang menjadi 'penyebab' peningkatan kasus kembali, Tedros mengharap semua negara menggenjot lagi program vaksinasi.

"Varian Delta adalah salah satu pendorong utama peningkatan penularan saat ini, didorong oleh peningkatan pencampuran dan mobilitas sosial, dan penggunaan langkah-langkah kesehatan dan sosial masyarakat yang tidak konsisten," katanya menyayangkan.

Hasil laporan menyebutkan bahwa varian Delta saat ini penyebar di lebih dari 111 negara.

"Ini akan segera menjadi strain Covid-19 dominan yang beredar di seluruh dunia," kata Tedros.

Tedros juga menarik perhatian Komite dengan menhyinggung soal 'kesenjangan yang mengejutkan' dalam soal pendistribusian vaksin. Mwnurutnya, kurangnya akses ke vaksin membuat sebagian besar populasi dunia kerentanan virus.

Banyak negara masih belum menerima vaksin apa pun, dan sebagian besar belum menerima cukup vaksin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA