Farah.ID
Farah.ID

Jean Castex: Varian Delta Mendominasi Prancis, 96 Persen Menulari Orang Yang Tidak Divaksin

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 22 Juli 2021, 07:18 WIB
Jean Castex: Varian Delta Mendominasi Prancis, 96 Persen Menulari Orang Yang Tidak Divaksin
Perdana Menteri Prancis Jean Castex/.Net
Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan bahwa Covid-19 varian Delta saat ini telah menjadi varian utama yang beredar di negara tersebut, selain itu dia juga menambahkan bahwa 96 persen dari 18.000 kasus baru yang baru-baru ini dilaporkan termasuk di antara mereka yang tidak divaksinasi.

Dalam pernyataannya, yang disiarkan stasiun televisi nasional pada Rabu (21/7), Castex juga menyebut Prancis saat ini tengah memasuki gelombang keempat pandemi.

“Kami berada di gelombang keempat. Varian Delta adalah yang mayoritas, lebih menular,” kata Castex, seperti dikutip dari AFP, Kamis (22/7).

Pernyataan Castex sesuai dengan apa yang disampaikan Menteri Kesehatan Olivier Véran kepada anggota parlemen, bahwa total kasus telah meningkat sekitar 150 persen selama seminggu terakhir sebagai akibat dari varian Delta yang menyebar cepat, menggambarkan peningkatan itu sebagai sesuatu belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemerintah Prancis sendiri telah mulai memberikan sejumlah rencana baru untuk memerangi Covid-19 kepada anggota parlemen, yang akan mencakup persyaratan izin kesehatan di berbagai tempat mulai awal Agustus dan mewajibkan vaksinasi bagi petugas kesehatan.

Museum Louvre adalah salah satu tempat yang telah mulai menerapkan pemeriksaan izin kesehatan tersebut, salah satuya dengan mewajibkan para pengunjung untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes negatif, karena sudah melakukannya ketika memasuki negara itu. Pengunjung yang datang tanpa bukti vaksinasi juga ditawari tes.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA