Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bantu Perkuat Tracing Kasus Corona Selama PPKM Level 4, Panglima TNI Kerahkan 36.000 Personel Tracer Digital

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 26 Juli 2021, 21:48 WIB
Bantu Perkuat Tracing Kasus Corona Selama PPKM Level 4, Panglima TNI Kerahkan 36.000 Personel Tracer Digital
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito, alam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube BNPB Indonesia, Senin, 26 Juli/Repro
Membantu perkuat upaya tracing atau pelacakan kasus positif Covid-19 yang dilakukan pemerintah, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengerahkan puluhan ribu personelnya untuk terlibat.

Hadi Tjahjanto menjelaskan, ada 36.000 personel TNI yang dikerahkan sebagai tracer digital dan tersebar di seluruh wilayah PPKM Level 4 guna memperkuat upaya tracing di Indonesia.

"Standar WHO (Organisasi Kesehatan Digital) dalam pelaksanaan tracing kontak erat 1 banding 30, namun Indonesia baru 1 banding 1, kami berusaha untuk memperbanyak jumlah tracer guna memperkuat upaya tracing hingga memenuhi standar WHO," ucap Hadi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube BNPB Indonesia, Senin (26/7).

Hadi menuturkan, TNI dibantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memperbanyak jumlah tracer dengan melakukan pelatihan tracer digital, sehingga mempermudah pelaksanaan tracing kontak erat berbasis sistem aplikasi digital bernama Silacak.

"Karena selama ini tracing masih dilakukan secara manual dengan door to door dengan wawancara langsung. Dengan adanya aplikasi Silacak diharapkan dapat mempercepat proses pelaporan tracing," jelasnya

"Kemenkes turut memberikan pelatihan digital bagi para tracer digital menggunakan aplikasi Silacak guna mempercepat upaya tracing serta pelaporan yang juga melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga memudahkan proses tracing di lapangan," tambah Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito juga memastikan peran serta unsur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga dipimpinnya dan sebagai unsur Satgas, untuk turut menyediakan sumber daya manusia sebagai tracer di wilayah Jawa dan Bali.

"Guna memperkuat 3T, BNPB juga mendukung anggaran bagi para relawan yang menjadi tracer di wilayah Jawa dan Bali sebanyak 7.000 orang," demikian Ganip menambahkan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA