Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ribuan Nakes Meninggal karena Covid, Menkes: Tolong Vaksin Ketiga Hanya untuk Mereka

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 02 Agustus 2021, 15:51 WIB
Ribuan Nakes Meninggal karena Covid, Menkes: Tolong Vaksin Ketiga Hanya untuk Mereka
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/Repro
Ribuan tenaga kesehatan yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 menjadi alasan pemerintah memberikan vaksin dosis ketiga untuk para garda terdepan ini.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan hal tersebut dalam jumpa pers virtual usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo, Senin (2/8).

"Untuk itu, kami memastikan bahwa vaksinasi (dosis) ketiga, booster dengan vaksin Moderna itu kita bagikan ke seluruh tenaga kesehatan kita," ujar Budi dikutip melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini memastikan, vaksin Moderna yang sudah tersedia untuk vaksinasi dosis ketiga tenaga kesehatan sudah didistribusikan ke seluruh provinsi.

"Dan saya mohon sekali agar ini disuntikkan kepada seluruh tenaga kesehatan kita agar mereka lebih siap menghadapi kalau nanti ada pasien-pasien yang masuk," katanya.

Maka dari itu, Budi meminta tolong kepada masyarakat Indonesia memahami peruntukkan vaksin dosis ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan.

Sebagai penekanan, ia menyatakan bahwa masih ada 140 juta warga Indonesia yang seharusnya disuntik vaksin belum juga mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Kan yang baru mendapatkan itu sekitar 68 atau 70 juta. Masih ada 170 juta yang belum mendapatkan akses vaksin pertama. Jadi tolong bapak/ibu, sekali lagi vaksin yang ada, booster ketiga, hanya idberikan ke tenaga kesehatan, karena mereka berisiko tinggi membantu kita," katanya.

"Tapi sisanya bapak/ibu tolong, kita berikan kepada 140 juta saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin," tambah Budi.

Mengacu data Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) per 27 Juli 2021, jumlah nakes yang meninggal karena Covid-19 sudah mencapai 1.323 orang.

Rinciannya, ada 545 dokter sampai 17 Juli 2021 yang meninggal. Kemudian higga akhir Juli ada 223 bidan meninggal, apoteker 42, Perawat 445, ahli teknologi Laboratorium Medis 25, dan Dokter gigi 43 orang hingga 30 April 2021.

Sementara, berdasarkan data LaporCovid19 hingga 25 Juli, ada 1.511 nakes yang wafat karena Covid-19. Jika dirinci, dokter yang meninggal sebanyak 545, perawat 494, bidang 243, apoteker 47, doter gigi 46, ahli tena laboratorium 43, rekam radiologi 9, Sanitarian 5, elektromedik 3, petugas ambulans 3, tenaga farmasi 3, terapis gigi 3, epidemiolog 2, entomolog kesehatan 1. fisikawan medik 1, dan nakes lain-lain 63.

"Saya mengucapkan turut berduka cita, saya percaya bahwa apa yang dilakukan oleh teman-teman tenaga kesehatan adalah suatu hal yang sangat luar biasa, menyelamatkan dan melindungi sueluruh rakyat Indonesia," tandas Budi.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA