Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid-19 di Batam dan Kepri Masih Melonjak, Ganip Warsito: Jangan Sampai Lengah untuk Tetap Patuh Prokes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 07 Agustus 2021, 19:54 WIB
Covid-19 di Batam dan Kepri Masih Melonjak, Ganip Warsito: Jangan Sampai Lengah untuk Tetap Patuh Prokes
Kunjungan pemantauan dan pemberian bantuan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito di Batam pada Sabtu , 7 Agustus/Repro
rmol news logo Kasus positif Covid-19 di Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih mengalami lonjakan pada Jumat kemarin (6/8).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan warga setempat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan (prokes).

Hal tersebut disampaikan saat meninjau Posko PPKM Mega Legenda yang berada di Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu (7/8).

Di hadapan para pengurus Posko PPKM, Ganip menekankan pentingnya protokol kesehatan dalam mengendalikan dan mengakhiri penyebaran Covid-19 di wilayah.

"Penyebaran Covid-19 patut diwaspadai oleh masyarakat karena sudah adanya penyebaran varian virus baru yang masuk ke wilayah Indonesia," ujar Ganip dalam keterangan tertulis yang diterima sesaat lalu.

Data Covid-19 Pemerintah Kota Batam pada 6 Agustus 2021 menyebutkan total akumulasi kasus konfirmasi positif berjumlah 24.233, kasus sembuh 21.481 dan meninggal 659. Sementara ini, sebanyak 2.093 warga masih berada dalam perawatan medis.

Sedangkan kasus konfirmasi positif di Provinsi Kepulauan Riau, total akumulasi konfirmasi positif sebanyak 47.587 kasus, mengalami kenaikan 512 kasus pada Jumat lalu (6/8). Penambahan kasus harian kemarin, Kota Batam berada pada posisi paling tinggi yaitu 140 kasus.

Maka dari itu, Ganip yang didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, mengingatkan kembali peran Posko PPKM dalam pengendalian Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.

Ia menyampaikan bahwa posko memiliki fungsi 4P, yaitu fungsi pencegahan, penanganan, pendukung dan pembinaan.
 Termasuk untuk mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," imbaunya.

Pada kesempatan yang sama, Ganip juga menyerahkan bantuan kepada Posko PPKM Mega Legenda yang berada di RT07/RW05 di Kelurahan Baloi Permai. Bantuan selanjutnya didistribusikan kepada warga setempat, khususnya kelompok rentan. Bantuan BNPB ini berupa paket individu sebanyak 4 paket, sabun batang 288 boks dan masker medis 4.000 buah.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) ini melanjutkan untuk mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan para menteri kabinet serta kepala daerah di seluruh Indonesia, di ruang VIP Bandar Udara Hang Nadim, Batam.

Selanjutnya, Ganip beserta jajarannya melanjutkan perjalanan menuju Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk melihat beberapa fasilitas Kesehatan serta kegiatan Posko PPKM secara dekat, dan melakukan rapat koordinasi penanganan Covid-19 di wilayah Pekanbaru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA