Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Lampung, Ketua Satgas Apresiasi Pelaksanaan Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 13 Agustus 2021, 17:59 WIB
Kunjungi Lampung, Ketua Satgas Apresiasi Pelaksanaan Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito meninjau posko penanganan Covid-19 di desa Negara Ratu, Lampung Selatan, Jumat, 13 Agustus/Repro
rmol news logo Penanganan sebaran dan dampak Covid-19 yang dilakukan petugas di Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, mendapat apresiasi dari Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bersama dengan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, Ganip melihat cara penanganan dan fasilitas yang sudah tersedia di desa Negara Ratu, yang menurutnya bisa menjadi percontohan.

Ganip menerangkan, penerapan protokol kesehatan yang ada di desa tersebut cukup tinggi, karena memiliki posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan beroperasi secara optimal untuk memberikan pelayanan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

"Ini bagus ya. Tidak ada masalah," kata Ganip kepada petugas dan tim relawan Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu, Jumat siang (13/8).

Dalam peninjauan tersebut, Ketua Satgas bersama Ketua KPCPEN juga berdialog menanyakan perihal pelaksanaan optimalisasi posko PPKM kepada petugas.

Melalui dialog tersebut, Ganip ingin memastikan bahwa penanganan Covid-19 bagi masyarakat Desa Negara Ratu, dan kebutuhan serta sarana prasarana telah sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan.

"Obat-obatan bagaimana?," tanya Ganip.

"Obat-obatan disuplai dari Puskesmas, Pak," jawab salah seorang tenaga kesehatan yang bertugas.


"Aman ya. Tidak ada kendala, ya?," tanya Ganip lagi untuk memastikan ketersediaan obat-obatan yang kemudian di jawab iya oleh si petugas.

Pada kesempatan itu, Ganip juga tak lupa mengingatkan kepada para warga dan segenap unsur pemangku kebijakan yang ada di Desa Nagara Raja agar tetap menegakkan protokol kesehatan, melaksanakan 3T dan turut menyukseskan program vaksinasi.

Sebab katanya, ketiga hal tersebut menjadi komponen utama dalam mengendalikan Covid-19 sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

"Prokes tetap dijaga ya. Kuncinya itu," tegas Ganip.

Usai berdialog dengan para petugas, Ganip Warsito dan Airlangga Hartarto juga menyempatkan diri bertatap muka dengan sejumlah warga kelompok rentan yang masuk dalam daftar pantauan petugas relawan posko PPKM Mikro Desa Nagara Ratu.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga juga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada sejumlah warga yang ditemui langsung di kediamannya. Dia juga berpesan agar protokol kesehatan selalu dilaksanakan dengan disiplin dan konsisten agar penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat dikendalilan dan pemulihan ekonomi segera bisa dilakukan.

"Protokol kesehatan dilaksanakan terus, ya bu,” kata Airlangga kepada warga.

Desa Negara Ratu saat ini memiliki satu warga yang menjalani isolasi mandiri dan satu warga yang tengah dirawat di Puskesmas akibat Covid-19.

Pemerintah desa dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta petugas dari Puskesmas telah melaksanakan segala aturan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat dan perintah provinsi dalam menangani Covid-19.

Posko PPKM Mikro sendiri telah tersedia ruang isolasi mandiri berikut dengan petugas tracing, mobil ambulance desa, bantuan sembako dan vitamin bagi pasien isolasi.

Berdasarkan data per Jumat (13/8), sebanyak 572 warga Desa Negara Ratu telah divaksin. Angka tersebut sama dengan 4,4 persen dari keseluruhan warganya.

Sebelum meninggalkan Desa Negara Ratu, Ketua Satgas dan Ketua KPCPEN menyerahkan bantuan berupa masker 3.000 lembar, kantong jenazah 100 buah, hand sanitizer 15 jerigen dan cairan disinfektan 15 jerigen kepada Kepala Desa Negara Ratu, Herry Putra untuk kemudian diserahkan kepada Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA