Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penelitian: Vaksin Moderna Hasilkan Antibodi Dua Kali Lipat Lebih Besar dari Pfizer-BioNTech

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 31 Agustus 2021, 11:52 WIB
Penelitian: Vaksin Moderna Hasilkan Antibodi Dua Kali Lipat Lebih Besar dari Pfizer-BioNTech
Vaksin Covid-19 Moderna/Net
rmol news logo   Vaksin Covid-19 buatan Moderna dilaporkan bisa menghasilkan lebih dari dua kali lipat antibodi yang dihasilkan oleh vaksin buatan Pfizer dan BioNTech.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Medial Association pada Senin (30/8).

Penelitian dilakukan pada hampir 2.500 pekerja di sistem rumah sakit besar Belgia yang belum terinfeksi Covid-19. Mereka yang disuntik dua kali dosis vaksin Moderna memiliki interval empat pekan, sementara Pfizer tiga pekan.

Hasilnya, rata-rata tingkat antibodi mereka yang mendapat dua dosis vaksin Moderna adalah 2.881 unit per mililiter, dibandingkan 1.108 unit per mililiter pada mereka yang disuntik dua dosis vaksin Pfizer.

"Jumlah bahan aktif dalam vaksin Moderna lebih tinggi, 100 mikrogram, dibandingkan 30 mikrogram dalam Pfizer-BioNTech," kata penelitian itu, seperti dikutip Bloomberg.

Selain itu, vaksin Moderna juga dikaitkan dengan pengurangan risiko dua kali lipat terhadap terobosan infeksi SARS-CoV-2 dibandingkan dengan Pfizer dalam ulasan orang-orang di Mayo Clinic Health System di AS dari Januari hingga Juli.

Hasilnya dilaporkan dalam studi terpisah yang dirilis sebelum publikasi dan tinjauan sejawat pada 9 Agustus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA