Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Optimis Papua Barat menjadi Zona Hijau Covid-19 dengan dukungan Isoter Terapung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 04 September 2021, 01:19 WIB
Airlangga Optimis Papua Barat menjadi Zona Hijau Covid-19 dengan dukungan Isoter Terapung
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini, Airlangga Hartarto/Repro
rmol news logo Konfirmasi Kasus Harian secara nasional yang pada bulan Juli 2021 memuncak hingga 56.757 kasus harian telah terkonfirmasi menurun per 30 Agustus 2021 menjadi 5.436 kasus harian.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengatakan, penurunan kasus positif harian tersebut menunjukkan upaya keras pemerintah menangani pandemi Covid-19, baik di sektor hulu maupun hilir, telah memberikan dampak yang signifikan.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah luar Pulau Jawa dan Bali ini menyebutkan, Isolasi Terpusat (Isoter) Terapung yang diinisiasi oleh Pemerintah dan telah beroperasi sejak 21 Agustus 2021, merupakan salah satu bentuk komitmen menangani Covid-19 di sektor hilir.

Dia menjelaskan, Isoter Terapung yang disediakan pemerintah sebanyak 5 unit kapal untuk pasien Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan yang tersebar di Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Sorong.

"Pemerintah telah menyiapkan fasilitas ini. Saya berharap masyarakat dapat maksimal memanfaatkannya," ujar Airlangga ketika meninjau langsung KM Sirimau sebagai lokasi Isoter Terapung di Pelabuhan Sorong, Jumat (9/2).

Airlangga mengatakan, di Isoter Terapung KM Sirimau yang dia kunjungi itu sudah memeberikan  penanganan yang baik kepada pasien Covid-19. Sehingga dirinya berharap semua kota bisa mengikuti best practice yang ada di Kota Sorong.

Dengan ditangani oleh 2 dokter serta 8 perawat dan dukungan penuh dari TNI dan Polri, Airlangga menlihat fasilitas kesehatan pada KM Sirimau disiapkan 160 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Sejak semakin membaiknya kondisi penanganan Covid-19 di Kota Sorong, tercatat 5 orang pasien Covid-19 yang masih  dirawat di KM Sirimau pada awal September ini. Dua speedboat juga disiapkan untuk mobilisasi tenaga kesehatan dan pasien serta pengangkutan logistik, " tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga menyapa para pasien yang sedang melakukan isolasi, dan memastikan bahwa pelayanan yang didapatkan oleh pasien tersebut maksimal dan sesuai standar.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga memberikan bantuan berupa sembako dan masker kepada para tenaga kesehatan, tenaga keamanan dan tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Sorong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA