Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penanganan Wabah Tak Bisa Tambal Sulam, Pandu Usul Jokowi Buat CDC Lengkap dengan Ahli Intelijen Epidemik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 04 September 2021, 02:34 WIB
Penanganan Wabah Tak Bisa Tambal Sulam, Pandu Usul Jokowi Buat CDC Lengkap dengan Ahli Intelijen Epidemik
Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono/Net
rmol news logo Desakan agar pemerintah membentuk Badan Penanggulangan Wabah seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat terus menguat dan disuarakan publik di bidang kesehatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pesan yang sama disampaikan Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono, seperti disampaikan Ilmuwan Indonesia yang merupakan pakar sosiologi bencana dari Nanyang Technological University, Sulfikar Amir.

Pandu Riono meminta Presiden Joko Widodo untuk bisa melegalisasi pembentukan badan penanggulangan bencana seperti CDC Amerika Serikat. Karena menurutnya, untuk menangani pandemi harus dilakukan dengan benar dan tidak asal.

"Pak Jokowi, Indonesia harus memiliki Badan Penanggulangan Wabah seperti CDC karena upaya penanggulangan dan Pencegahan wabah tidak bisa tambal-sulam," ujar Pandu melalui akun Twitternya, Jumat (3/9).

Bahkan, Pandu juga menyarankan agar pembentukan badan penanggulangan bencana yang tidak hanya mirip dengan CDC besutan negeri Paman Sam, tapi di dalamnya juga perlu di masukkan pakar atau ahli dibidang intelejen kesehatan.

"Perlu tim epidemiologist yang mendalami intelijen epidemik dan bisa menjalin kerjasama internasional," tutup Pandu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA