Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jangan Terlena Kasus Covid-19 Menurun, Ada Varian MU yang Kebal Vaksin

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 07 September 2021, 01:36 WIB
Jangan Terlena Kasus Covid-19 Menurun, Ada Varian MU yang Kebal Vaksin
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono/Repro
Jumlah kasus Covid-19 yang sudah mulai menurun bukan berarti bisa dianggap sebagai suatu keadaan normal, di mana masyarakat bisa beraktivitas di luar rumah secara normal.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan masih mencatat pertambahan kasus positif Covid-19, yang artinya masih terjadi potensi penularan virus di lingkungan masyarakat.

Bahkan yang teranyar, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menyebutkan satu varian baru virus Covid-19.

Dalam jumpa pers bersama Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Koordinator PPKM luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto, Dante mengungkapkan virus varian baru ini kebal alias tidak bisa dicegah penularannya meski seseorang sudah divaksin.

"Salah satu mutasi selain varian Delta yang kita alami, sudah ada varian MU," ujar Dante dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan pada Senin malam (6/9).

Akan tetapi, concern virus Covid-19 varian MU ini ada pada laboratorium, dan dari sisi penyebaran tidak sedahsyat varian Delta yang mengantam India dan juga Indonesia pada pertengahan Juni hingga akhir Juli.

"Concern varian ini secara laboratorium itu mempunyai resistensi terhadap vaksin, dalam konteks laboratorium, bukan epidemiologis. Tapi penyebarannya tidak sehebat varian Delta," ucapya.

Maka dari itu, Dante mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin saat beraktivitas. Karena menurutnya, vaksinasi Covid-19 bukan kunci utama dari langkah pencegahan penularan virus.

"Bahwa menurunnya kasus ini bukan membuat kita terlena, akan tetapi ini saatnya kita penguatan ketahanan medis, itu penting," demikian Dante.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA