Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenperin Dukung Ekspor Alkes Produksi Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 September 2021, 20:52 WIB
Kemenperin Dukung Ekspor Alkes Produksi Dalam Negeri
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan/Ist
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan penuh terhadap produsen alat kesehatan (Alkes) dalam negeri untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya seperti dilakukan PT Taishan Alkes Indonesia.

Selain kebanggaan membantu pemerintah dalam hal penyerapan tenaga kerja, PT Taishan juga mampu melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan ekspor produknya ke mancanegara.

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand  di Jakarta, Selasa (7/9),

“Kedatangan saya di PT Taishan Alkes Indonesia ini ada makna penting yakni, memberikan dukungan dan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita sudah bisa memproduksi alat swab antigen hasil kerja keras anak bangsa,” kata Agus Gumiwang.

Terkait ekspor yang dilakukan PT Taishan, Agus Gumiwang menilai hal itu adalah prestasi luar biasa bagi karya anak-anak bangsa.

“Saya bangga PT Taishan Alkes Indonesia bisa ekspansi artinya produknya bagus dan diterima manca negara," ujarnya.

Menteri yang juga kader Partai Golkar ini, juga bangga kepada PT Taishan yang menaruh perhatian dalam membantu pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 di dalam negeri, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

“Saya bangga ada produsen alkes dalam negeri bisa mempekerjakan hingga ribuan pekerja. Ini bisa menjadi contoh bagi para produsen dalam negeri lainnya,” katanya.

Agus Gumiwang juga mengapresiasi PT Taishan Alkes Indonesia yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen dalam komponen-komponen produksinya.

Karena sudah melampaui TKDN, lanjutnya, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung penuh produsen alkes dalam negeri.

"Karena pemerintah akan selalu utamakan penggunaan produk dalam negeri. Jadi kalau sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen, pemerintah bisa mentake-down produk luar negeri dari e-catalog. Tapi dengan syarat produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing mengatakan, ekspor perdana Indoswab Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette ke negara Irlandia dan akan dilanjutkan dengan ekspor kedua ke negara Thailand.

Produk ekspor dengan label Indoswab, menurut Eiko Sihombing, hal ini untuk mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.

“Dengan diterimanya produk kami di negara Irlandia dan Thailand, masyarakat setempat bisa concern dan tahu atas adanya kehadiran karya anak-anak bangsa ini yang kaya akan kreativitas," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA