Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

BPOM Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sekali Suntik Merk Janssen

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 08 September 2021, 04:54 WIB
BPOM Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sekali Suntik Merk Janssen
Kepala Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito/Net
Program vaksinasi Covid-19 yang masih berjalan didukung pemerintah dengan menyediakan vaksin yang efektif dan memiliki mutu serta khasiat yang baik.

Teranyar, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan dua merk vaksin yang sudah disetujui untuk digunakan di Indonesia.

Pertama, BPOM memeberikan persetujuan pakai kepada Johnson & Johnson atau biasa disebut Janssen, produk vaksin Covid-19 sekali suntik yang memiliki efikasi hingga 66,1 persen, perlindungan pada kasus bergejala hingga 65,3 persen dan efektif 90,1 persen mencegah kasus berat akibat Covid-19.

Yang kedua, BPOM juga menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Cansino atau vaksin Convidecia, yang juga sudah dikaji keamanan dan khasiat serta mutunya oleh BPOM.

Kepala BPOM, Penny K Lukito mengatakan, pihaknya selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

Di mana, BPOM melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinisi, apoteker, epidemiologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19, Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi terkait.

Dari sisi mutu vaksin, Penny memastikan BPOM telah melakukan penilaian terhadap mutu kedua vaksin tersebut, dengan mengacu pada pedoman evaluasi mutu vaksin yang berlaku secara Internasional.

"Dan juga hasil evaluasi terhadap aspek Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) terhadap sarana produksi di Negara asal. Hasilnya, kedua vaksin tersebut telah memenuhi standar persyaratan mutu," demikian Penny menerangkan dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu subuh (8/9).
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA