Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Gelombang Ketiga, Wamenkes Minta Pemda Buat Terobosan untuk Percepat Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 11 September 2021, 20:23 WIB
Antisipasi Gelombang Ketiga, Wamenkes Minta Pemda Buat Terobosan untuk Percepat Vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia)/Net
rmol news logo Jumlah tambahan kasus Covid-19 harian di Indonesia kini sudah mulai beranjak rendah. Namun, langkah antisipasi coba dipersiapkan pemerintah agar tidak lagi menghadapi gelombang pandemi untuk ketiga kalinya.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, saat ini pemerintah masih terus mengintensifkan program vaksinasi nasional dengan target 208 juta penduduk untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Langkah tersebut, menurut Dante, mesti didukung pemerintah daerah (Pemda) dengan cara mebuat terobosan penyaluran vaksin kepada kelompok-kelompok risiko tinggi penularan Covid-19.

Permintaan Dante mengenai percepatan vaksinasi itu disampaikan dirinya saat menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-56 dan 57 secara virtual, Sabtu (11/9).

"Kami juga mengimbau pemerintah daerah untuk mencari terobosan-terobosan baru agar mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat usia lanjut dan masyarakat dengan penyakit penyerta atau masyarakat rentan," ujar Dante dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Selain itu, Dante juga meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar tidak tertinggal dalam program vaksinasi nasional. Ditambah lagi, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, meskipun jumlah kasus aktif dan angka kematian akibat Covid-19 menurun.

"Jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi. Negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan India bahkan Singapura saat ini kembali mengalami lonjakan kasus karena pelanggaran protokol kesehatan," demikian Dante. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA