Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Risiko Kanker, Obat Anti-Rokok Chantix Ditarik dari Pasaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 September 2021, 08:54 WIB
Tingkatkan Risiko Kanker, Obat Anti-Rokok Chantix Ditarik dari Pasaran
Chantix/Net
rmol news logo Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer, mengumumkan telah menarik Chantix, obat resep yang digunakan untuk membantu orang menghentikan kecanduan merokok.

Lewat pemberitahuan di situs Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) pada Jumat (17/9), Pfizer menyebut penarikan dilakukan untuk tablet Chantix 0,5 mg dan 1 mg.

Itu karena adanya kandungan N-nitroso-verenicline yang dapat meningkatkan risiko kanker.

N-nitroso-varenicline merupakan nitrosamin, zat yang bersifat karsinogenik dan dapat menghasilkan kanker pada beberapa organ tubuh, seperti paru-paru, otak, kandung kemih, hati, ginjal, dan lainnya.

Meskipun nitrosamin ini juga ditemukan dalam air dan makanan, dan setiap orang mungkin terpapar pada tingkat tertentu, ada risiko kanker berkembang dalam kasus paparan berlebihan.

Pfizer menekankan, penarikan obat dilakukan sebagai tindakan pencegahan. Kendati begitu, perusahaan mendesak orang untuk berhenti meroko karena risiko potensi terkena kanker pada perokok lebih tinggi daripada nitrosamin.

Pada bulan Juli, Pfizer menarik 12 lot Chantix karena adanya N-nitroso-varenicline. Bulan lalu, mereka juga menarik empat lot tambahan atas pengotor nitrosamin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA