Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Berhemat, Thailand Suntikkan Vaksin Booster Covid-19 di Bawah Kulit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 September 2021, 12:47 WIB
Demi Berhemat, Thailand Suntikkan Vaksin Booster Covid-19 di Bawah Kulit
Ilustrasi/Net
rmol news logo Thailand tela memberikan izin kepada dokter untuk menggunakan metode baru dalam penyuntikan dosis vaksin Covid-19 ketiga atau booster.

Mulai Senin (20/9), dokter-dokter di Thailand memberikan suntikan booster Covid-19 di bawah kulit, dan bukan ke otot seperti umumnya. Itu dilakukan untuk menghemat pasokan vaksin, namun dengan tetap menghasilkan kekebalan yang kuat.

Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul mengatakan, metode itu sudah dieksplorasi oleh para dokter sejak bulan lalu. Dengan adanya bukti metode itu menghasilkan kekebalan yang kuat, maka alternatif diambil atas kebijaksanaan profesional medis.

Hasil uji coba sendiri menunjukkan metode tersebut dapat memicu respons kekebalan yang serupa dengan metode biasa.

Direktur Rumah Sakit Vachira di Phuket, Charlermpong Sukonthaphon mengatakan, pihaknya telah diberikan izin untuk menggunakan metode itu sejak Jumat (17/9).

"(Dengan metode ini) satu dosis vaksin dapat digunakan untuk lima suntikan intradermal," kata Chalermpong kepada Reuters.

Sejak April lalu, Thailand mulai memperkenalkan suntikan booster bagi mereka yang menerima dua dosis vaksin Sinovac yang dikhawatirkan memiliki resistensi terhadap varian Delta.

Sejauh ini, hanya 21 persen dari perkiraan 72 juta penduduk di Thailand yang sudah divaksinasi lengkap. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA