Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

BNPB Kirim Tiga Juta Masker untuk "Lindungi" PON XX Papua

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 22 September 2021, 12:57 WIB
BNPB Kirim Tiga Juta Masker untuk
Bantuan masker yang diberikan BNPB untuk penyelenggaraan PON XX Papua/Ist
Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diharapkan tetap dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai bentuk dukungan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan jutaan masker yang dikirim sebelum kompetisi PON.

Setidaknya ada 3 juta masker yang dikirim menggunakan pesawat Hercules TNI ke beberapa tempat penyelenggaraan PON XX Papua yang digelar pada awal Oktober 2021 nanti. Sebanyak 3 juta masker dialokasikan kepada masyarakat maupun mereka yang akan menyaksikan pertandingan secara langsung.

"BNPB juga mengoperasionalkan mobil masker untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas. Selain masker, BNPB juga memberikan antigen 3 ribu boks dan hand sanitizer 500 ribu botol," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (22/9).

Hingga hari ini, sebagian bantuan logistik telah tiba di Papua. Pendistribusian bantuan akan diberikan kepada wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan PON XX, seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupatan Mimika dan Kabupaten Merauke.

BNPB juga mengirimkan logistik berupa tenda keluarga, velbed, tenda gerai dan beberapa bantuan logistik pendukung.

Dukungan BNPB dalam pelaksanaan PON XX Papua sebelumnya disampaikan Kepala BNPB yang sekaligus Ketua Satgas Nasional Covid-19, Letjen Ganip Warsito.

Ganip mengingatkan setiap individu yang terlibat untuk waspada menghadapi ancaman bencana selama penyelenggaraan PON XX. BNPB dan BPBD di daerah telah bersiaga untuk mengantisipasi potensi bahaya yang terkait dengan bencana alam.

BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD dalam kesiapan personel untuk mendukung kesiapsiagaan, seperti memastikan adanya tanda jalur evakuasi aman dari Covid-19 atau titik kumpul.

“Meningkatkan kesiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan Covid-19,” ujar Ganip beberapa waktu lalu.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA