Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Daftar Puluhan Kabupaten/Kota di 7 Pulau Besar dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 September 2021, 18:34 WIB
Daftar Puluhan Kabupaten/Kota di 7 Pulau Besar dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi
Ilustrasi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit/Net
Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia berangsur membaik hingga hari ini. Hal itu terlihat dari jumlah kasus aktif yang pada Rabu sore (22/9) sudah berada di angka 49.662 orang.

Akan tetapi, terdapat sejumlah daerah di 34 Provinsi di Indonesia yang masih harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, karena jumlah kasus aktifnya masih cukup tinggi.

Catatan yang berhasil dikumpulkan LaporCovid-19 dari pendataan Covid-19 di tingkat kabupaten/kota juga merangkum sebaran kasus aktif di daerah.

Dari hasil pendataannya hingga 18 September 2021, LaporCovid-19 menemukan puluhan kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif paling tinggi, yang terdapat di 7 pulau besar di tanah air

Misalnya di Pulau Sumatera, LaporCovid-19 mencatat 10 dari total 90 kabupaten/kota yang kasus aktifnya lebih dari 100 orang. Di antaranya Banda Aceh, Medan, Lampung Utara, Aceh Besar, Deli Serdang, Pekan Baru, Bangka, Kota Jambi, Pangkal Pinang, dan Banda Lampung.

Kemudian di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara, tim LaporCovid-19 mencatat 10 dari 114 kabupaten/kota yang kasus aktinya lebih dari 100 kasus. Yaitu antara lain Kota Serang, Kota Kupang, Cianjur, Kota Bandung Garut, Badung, Depok, Manggarai Barat, Kota Bekasi, dan Banyumas.

Untuk Pulau Kalimantan, LaporCovid-19 mencatat 10 dari 36 kabupaten/kota yang kasus aktifnya lebih dari 100 kasus. Anara ain Tana Tidung, Bontang, Palangka Raya, Bengkayang, Kota Pontianak, Balikpapan, Nunukan Berau, Kutai Kertanegara, dan Banjarmasin.

Sedangkan untuk di Pulau Sulawesi, LaporCovid-19 juga mencatat 10 dari total 41 kabupaten/kota yang kasus aktifnya lebih dari 100 kasus. Di antaranya Tana Toraja, Luwu Utara, Maros, Makassar, Banggai, Sidenreng Rappang, Wajo, Kendari, Minahasa, dan Boul.

Semenatara untuk Pulau Maluku dan Papua, LaporCovid-19 merangkumnya menjadi 10 kabupaten/kota dengan kasus aktif lebih dari 100 kasus, dari total 13 kabupaten/kota.

Daerah-daerah dnegan kasus aktif tinggi di dua pulau tersebut antara lain Kota Manokwari, Kota Sorong, Kota Jayapura, Mimika, Jayapura, Merauke, Jalamahera Utara, Halmahera Selatan, Mappi, dan Boven Digoel.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA