Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Gelombang Ketiga, Pakar FKM UI: Di Banyak Negara Kasus Masih Meningkat Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 September 2021, 01:09 WIB
Antisipasi Gelombang Ketiga, Pakar FKM UI: Di Banyak Negara Kasus Masih Meningkat Lagi
Ilustrasi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit/Net
rmol news logo Data perkembangan kasus Covid-19 selama September menunjukkan tren perbaikan kondisi pandemi Indonesia. Namun, sejumlah pakar masih mengkhawatirkan munculnya gelombang ketiga (third wave).

Hingga Selasa sore (28/9), Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memang mencatat kembali penurunan angka kasus aktof sebanyak 1.618 kasus, sehingga kini pasien positif yang masih menjalani perawatan tinggal 38.652 orang.

Tetapi, masih terjadi pertambahan kasus positif sebanyak 2.057 kasus hingga kemarin. Di sisi yang lain, pasien sembuh bertambah lebih banyak, yaitu hingga 3.551 orang, dan khusus yang meninggal bertabah 124 jiwa.

Dari data tersebut, pakar Biostatistk Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dr. Iwan Ariawan, mengingatkan semua pihak termasuk pemerintah untuk tidak menganggap penurunan yang terjadi sebagai satu kebebasan dalam beraktivitas.

"Jangan euforia, karena risiko untuk meningkat lagi masih ada," kata Iwan dilansir Kantor Berita RMOLJakarta dalam acara daring bertajuk 'Waspada Gelombang Ketiga: Bijak Bepergian Cegah Penularan', Selasa (28/9).

Menurut Iwan, sikap semua stakeholder merespon perkembangan kasus positif yang sudah mulai menurun angkanya sangat menentukan kondisi pandemi di Indonesia ke depannya.

Maka dari itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dalam menjalankan aktivitas. Untuk pemerintah, Iwan berharap cakupan vaksinasi bisa terus ditingkatkan, agar potensi penularan bisa ditekan secara maksimal.

"Virus Corona masih beredar dan belum habis. Di banyak negara kasus masih meningkat lagi," demikian Iwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA