Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Satgas Covid-19 Kawal Penguatan Pintu Masuk Negara Cegah Gelombang Ketiga

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 September 2021, 04:54 WIB
Satgas Covid-19 Kawal Penguatan Pintu Masuk Negara Cegah Gelombang Ketiga
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi
Langkah pencegahan masuknya virus Covid-19 dari luar negeri perlu dilakukan berbarengan dengan pengawasan di titik-titik pintu masuk Indonesia.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan, upaya pembatasan orang asing masuk ke dalam negeri mesti disertai pengawasan jalur-jalur masuk ilegal ke Indonesia, dan penguatan pengamanan perbatasan.

Pasalnya, Satgas melihat negara tetangga Indonesia saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19. Sehingga harapannya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), upaya 3T (testing, tracing dan treatment), serta protokol  kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci Tangan  bisa ikut memperkuat langkah pencegahan.

"Pembukaan kegiatan dilakukan hati-hati dengan menggunakan PeduliLindungi, serta percepatan vaksinasi," ujar Sonny dalam diskusi daring pada Selasa (28/9).

Satu aspek penting yang ditekankan Sonny adalah terkait adalah penerapan protokol kesehatan utamanya memakai masker. Karena, negara tetangga dekat Indonesia, yaitu Singapura, kini mencapai hampir 2.000 kasus. Padahal, penduduknya sangat disiplin protokol kesehatan.

"Angka kasus di Singapura mencapai hampir 2.000 kasus, ini sangat tinggi mengingat jumlah penduduk Singapura tidak besar. Sehingga jumlah 1.000 kasus saja sudah dikategorikan kritis" demikian Sonny.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA