Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi FKUI, Menkes Budi Gunadi Antusias Lihat Alat Sekuensing Virus SARS-COV-2

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 29 September 2021, 15:07 WIB
Kunjungi FKUI, Menkes Budi Gunadi Antusias Lihat Alat Sekuensing Virus SARS-COV-2
Menteri Kesehatan saat mengunjungi FKUI di Salemba, Jakarta/Ist
rmol news logo Pengembangan dunia riset Indonesia menjadi perhatian tersendiri bagi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Setidaknya, hal itu terlihat saat Menkes berkunjung ke Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta, Jumat lalu (17/9).

Dekan FKUI, Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan, pihaknya bersyukur Menkes Budi mau berkunjung dan melihat langsung alat sekuensing virus SARS-COV-2 atau Covid-19.

"Beliau melihat prasarana dan sarana untuk proses sekuensing virus SARS-COV-2, termasuk juga bagaimana alat ini  dapat melakukan sukuens untuk melihat gen kanker payudara dan infeksi lain," kata Fahrial Syam dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/9).

Dalam kunjungan tersebut, banyak pertanyaan yang diajukan oleh Menkes Budi menunjukkan keingintahuannya yang besar. Terutama saat diajak untuk melihat fasilitas human genetic yang selama ini memang membantu para klinisi di seluruh Indonesia untuk melihat kelainan genetik pada seseorang yang mengalami sindrom penyakit tertentu.

"Beliau juga kami mampirkan ke Cluster Sport and Exercise studies. Intinya kepedulian beliau terhadap riset cukup tinggi. Dan yakin kalau riset, khususnya seputar kedokteran ini didukung penuh, kedokteran kita bertambah maju. Sarana dan prasarananya sudah ada, SDM-nya andal lulusan center-center hebat dunia, tinggal beri dukungan dana risetnya saja," terangnya.

Selain soal alat yang sedang dikembangkan, Menkes juga menyampaikan apresiasi kepada pihak UI yang mampu merawat gedung FKUI yang merupakan salah satu gedung bersejarah milik Indonesia.

"Beliau juga salut bahwa gedung FKUI yang heritage berumur lebih 100 tahun masih terawat dengan baik. Beliau yang tidak pernah sekolah di FKUI saja bangga dengan Gedung FKUI, apalagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di FKUI," katanya.

Kunjungan Menkes ini juga disambut baik Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Saleh Husin. Ia berharap usai kunjungan itu ada tindak lanjut dalam mendukung program pengembangan di FKUI.

"Harapan saya dengan kehadiran Pak Menkes BGS melihat secara langsung berbagai peralatan dan SDM yang mumpuni di IMERI FKUI maka dukungan pendanaan yang memadai dari Pak Menkes untuk bidang riset inilah yang sangat dibutuhkan," demikian Saleh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA