Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

6 Siswa Positif Covid-19, PTM di SD Gendongan 1 Salatiga Disetop Seminggu

Minggu, 03 Oktober 2021, 04:41 WIB
6 Siswa Positif Covid-19, PTM di SD Gendongan 1 Salatiga Disetop Seminggu
Seorang siswa SD di Salatiga menjalani swab oleh petugas gabungan sebelum ditemukannya kasus Covid-19 di SD Gendongan 1 Salatiga, beberapa waktu lalu/ RMOL Jateng
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka memang tak lepas dari ancaman munculnya klaster Covid-19. Evaluasi harus segera dilakukan, agar PTM tidak menjadi alat penyebaran Covid-19. Terlebih di kalangan siswa SD yang notabene belum divaksin.

Seperti yang terjadi di Sekolah Dasar (SD) Gendongan 1, Salatiga, Jawa Tengah yang diketahui ada 6 siswanya yang telah terpapar Covid-19.

"Iya, ada enam siswa kelas V," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Yuni Ambarwati, kepada wartawan, Sabtu (2/10).

Dengan temuan itu Disdik Salatiga memastikan menutup kegiatan PTM khusus di SD Gendongan 1 Salatiga saja. Penutupan dilakukan selama seminggu ke depan, mulai Sabtu (2/10) hingga Sabtu pekan depan (9/10).

"Khusus di SD Gendongan 1 akan diterapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," ujar Yuni, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Sedangkan untuk kegiatan PTM di sekolah lain, baik SD maupun SMP di Salatiga, akan tetap berjalan normal dengan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19 ketat.

Serta, pemberlakuan PTM di sekolah tidak lebih dari 3 jam. Dan yang utama siswa mengikuti PTM mendapat izin orang tua serta kegiatan saat berangkat dan pulang sekolah diantar orang tua atau wali.

Terkait temuan 6 siswa SD Gendongan 1 Salatiga terpapar Covid-19, Yuni pun membeberkan kronologinya. Kasus di SD Gendongan 1 Salatiga di bermula ketika seorang siswa mengalami demam namun tetap berangkat sekolah.

"Satu siswa ini diduga menularkan siswa lainnya. Pihak sekolahan langsung bergerak cepat dengan melakukan tracing dan swab di seluruh penghuni sekolahan," ungkapnya.

Dari 13 siswa, lanjut dia, dipastikan hanya lima yang positif ditambah satu siswa diawal kasus muncul.

"Jadi total enam siswa positif Covid-19," jelasnya.

Yuni pun meminta pihak terkait tidak perlu panik. Karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Salatiga pun langsung bergerak cepat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga serta pihak sekolahan SD Gendongan 1 Salatiga untuk mensterilkan lingkungan sekolahan.

"Sementara, tenaga pendidik aman tidak ada yang terpapar. Ini musibah, kita tidak bisa mengelaknya. Yang pasti upaya untuk tetap menjaga dan menerapkan Protkes Covid-19 tak kurang-kurang kita terus lakukan," pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA