Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Taiwan Siap Amankan Obat anti-Vaksin Molnupiravir

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 10:41 WIB
Taiwan Siap Amankan Obat anti-Vaksin Molnupiravir
Pusat Komando Epidemi (CECC) Taiwan saat ini berencana untuk mengamankan Molnupiravir, pil antivirus untuk mengobati Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala CECC Chen Shih-chung dalam konferensi pers pada Rabu (6/10) waktu setempat.

Dilaporkan Taiwan News, Kamis (7/10) CECC akan memperkenalkan obat tersebut ke pemerintah setelah aplikasinya untuk otorisasi penggunaan darurat (EUA) disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), yang diharapkan akan terjadi pada akhir November mendatang.

Sebelumnya pembuat obat Merck dan Ridgeback Biotherapeutics mengumumkan dalam siaran pers pada 1 Oktober bahwa molnupiravir mengurangi risiko rawat inap atau kematian sekitar 50 persen untuk pasien Covid-19 yang berisiko dan tidak dirawat di rumah sakit dengan gejala ringan hingga sedang.

Pembuat obat berencana untuk mengajukan aplikasi EUA ke FDA sesegera mungkin dan mengajukan aplikasi pemasaran ke badan pengatur lainnya di seluruh dunia.

Akhir-akhir ini, banyak negara Asia telah secara aktif terlibat dalam upaya untuk mengamankan perjanjian pembelian obat tersebut.

Ketika ditanya terkait jumlah antivirus yang akan dibeli Taiwan dan berapa harganya, Juru Bicara CECC Chuang Jen-hsiang menolak memberikan jawaban, dengan mengatakan bahwa pemerintah masih dalam pembicaraan dengan produsen obat dan dia tidak ingin merusak negosiasi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA