Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Belum Selesai Isolasi, Tujuh Atlet PON Papua Positif Covid Kembali ke Daerah Asal

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 05:33 WIB
Belum Selesai Isolasi, Tujuh Atlet PON Papua Positif Covid Kembali ke Daerah Asal
Ilustrasi atlet bertanding di PON XX Papua/Net
Tercatat ada tujuh atlet yang berlaga di PON XX Papua teridentifikasi positif Covid-19 kembali ke tempat asal ketika masih menjalani isolasi.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (11/10).  

Adapun ketujuh atlet tersebut berasal dari dan kembali ke Tarakan, Kalimantan Utara. Kemudian, dua orang atlet kembali ke Jambi, tiga atlet ke Sidoarjo, Jawa Timur dan seorang atlet kembali ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami juga mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi Covid-19 berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya, " kata Budi.

Oleh karenanya, lanjut Budi, perintah Presiden agar Pemda tempat atlet itu berasal agar aktif untuk menjemput ketujuh atlet tersebut dan mewajibkannya melanjutkan isolasi setibanya di daerah asal masing-masing.

Budi menyebut tempat penginapan disinyalir kuat sebagai salah satu faktor penularan virus corona yang menjangkiti 83 atlet dalam PON XX kali ini.

Selain tempat penginapan yang kurang mematuhi implementasi protokol kesehatan covid-19 yakni menjaga jarak, aktivitas makan bersama menurutnya juga menjadi faktor kedua penularan Covid-19 di PON XX.

Dengan temuan itu, Budi lantas meminta agar wewenang Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah diperkuat, guna benar-benar mengawasi dan menindak pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di PON XX tersebut.

Selain itu, pemeriksaan alias screening covid-19 secara acak menurutnya juga perlu dilakukan secara agresif dan masif.

"Arahan pak presiden, agar dipastikan semua asrama tempat menginap para atlet dijaga agar jaga jaraknya benar-benar diperhatikan baik pada saat tidur ataupun saat makan," pungkasnya.


EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA