Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Masuk Lima Besar Vaksinasi Tertinggi di Dunia, Jubir Covid-19: Indonesia Sudah 200 Juta Suntikkan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 06 November 2021, 21:59 WIB
Masuk Lima Besar Vaksinasi Tertinggi di Dunia, Jubir Covid-19: Indonesia Sudah 200 Juta Suntikkan
Jurubicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro/Net
Cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia disebut pemerintah telah mencapai standar target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jurubicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro mengatakan, vaksinasi Covid-19 Indonesia sudah menembus dua juta suntikkan sasaran vaksinasi.

Hal tersebut menurutnya, merupakan capaian baik sekaligus menjadi kontribusi Indonesia dalam pengendalian Covid-19 di dunia.

"5 November 2021, per 12.00 WIB, Indonesia sudah mencatat 204.913.735 suntikan dosis yang diberikan kepada lebih dari setengah sasaran vaksinasinya," ujar Reisa dilansir laman Sekretariat Kabinet pada Sabtu malam (6/11).

Reisa mengatakan, jumlah suntikan vaksin tersebut juga termasuk dari upaya kemitraan pemerintah dan swasta dalam bentuk Vaksin Gotong Royong yang sudah mencapai 2,2 juta suntikan per 5 November 2021.

Dia menyebutkan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), program vaksinasi pemerintah sudah mencapai sekitar 40 persen untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama.

"Tekad WHO adalah memvaksinasi, minimal satu dosis, sekurang-kurangnya 40 persen warga di setiap negara di dunia di akhir tahun ini, dan 70 persen di tahun depan,” sambung Reisa.

Dari situ,Reisa menyatakan bahwa capaian vaksinasi di dalam negeri telah menunjukkan bahwa target WHO sudah dipenuhi Indonesia, sekaligus menempatkan negara kepuluan ini sebagai satu dari lima negara lainnya yang telah melakukan suntikkan vaksin paling tinggi.

Selain Indonesia, negara lain yang masuk lima besar vaksinasi tertinggi antara lain India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang yang sekaligus berkontribusi dalam memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia

Lebih lanjut, Reisa menuturkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras bersama seluruh komponen bangsa Indonesia

"Kita semua punya peran yang kita sumbangkan tanpa terkecuali, terima kasih untuk semua rakyat Indonesia yang luar biasa," imbuhnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA