Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkes Mulai Vaksinasi Anak Akhir Desember 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 11 Desember 2021, 17:52 WIB
Kemenkes Mulai Vaksinasi Anak Akhir Desember 2021
Jurubicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi/Net
rmol news logo Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, yang diminta Presiden Joko Widodo untuk dipercepat, akan direalisasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada akhir tahun ini.

Permintaan Jokowi mengenai percepatan vaksinasi anak ini dimaksudkan untuk mencegah potensi penularan virus Covid-19, utamanya di tengah maraknya penyebaran varian Omicron di banyak negara tetangga Indonesia di dunia.

Jurubicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menerangkan, pihaknya kini tengah memfinalisasi materi pelaksanaan vaksinasi anak.

"Kita (Kemenkes) sedang finalisasi juknis (petunjuk teknis)," ujar Nadia kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu sore (11/12).

Setelah juknis rampung disusun, Nadia menjelaskan, Kemenkes bakal menggelar pelatihan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan yang akan melakukan penyuntikkan vaksin kepada anak-anak.

"Minggu depan mulai pelatihan dan sosialisasi," tandasnya.

Maka dari itu, Nadia memastikan waktu dimulainya vaksinasi ank usia 6-11 tahun masih jatuh pada tahun 2021 ini.

"Akhir bulan Desember ini kita akan mulai," tegasnya.

Adapun mengenai vaksin yang akan diberikan kepada kelompok anak, Nadia menyatakan bahwa hanya satu jenis atau merk yang akan dipakai Kemenkes.

"(Akan menggunakan) Sinovac sesuai EUA (Emergency Use Authorization) yang dikelurkan BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan)," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA