Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dibawa dari Luar Negeri, Kasus Omicron Indonesia di Awal Tahun 2022 Tembus 136 Orang

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 01 Januari 2022, 17:54 WIB
Dibawa dari Luar Negeri, Kasus Omicron Indonesia di Awal Tahun 2022 Tembus 136 Orang
Jurubicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi/Repro
Kasus positif Covid-19 varian Omicron mengalami peningkatan pada awal tahun baru 2022 hari ini.

Kementerian Kesehatan mencatat jumlah total kasus Omicron per Sabtu (1/1) sudah lebih dari seratus orang, bahkan naik dua kali lipat dari data terakhir.

Merujuk data Kemenkes per 29 Desember 2021 yang lalu, jumlah orang yang terkonfirmasi positif Omicron baru sebanyak 68 orang.

"Ada tambahan 68 kasus (pada hari ini)," ujar Jurubicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (1/1).

Dengan adanya tambahan tersebut, Nadia menyebutkan jumlah total kasus positif Omicron di Indonesia kini sudah mencapai 136 orang.

Lebih rinci, Nadia menjabarkan asal 68 kasus positif Omicron tersebut. Katanya, ada 11 Warga Negara Indonesia (WNI) di dalamnya, yang baru tiba dari perjalanan internasional.

"Semua kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri," imbuhnya menegaskan.

Nadia menyatakan, ke-68 kasus tersebut membawa sumber penularan Omicron dari beberapa negara yang di antaranya dari negara kedatangan paling banyak ke Indonesia.

"Dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," paparnya.

Nadia menambahkan, untuk kondisi para pasien infeksi Omicron ini kini tengah menjalani perawatan yang berbeda-beda. Karena, ada 29 orang yang tidak memiliki gejala, 29 orang bergejala ringan, satu orang bergejala sedang, dan sembilan sisanya belum ada keterangan.

ARTIKEL LAINNYA