Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Soal Temuan Varian Baru Prancis, WHO: Sudah Ada dalam Radar Kami

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Januari 2022, 11:05 WIB
Soal Temuan Varian Baru Prancis, WHO: Sudah Ada dalam Radar Kami
Pasien Covid-19/Net
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku masih mengawasi temuan varian baru Covid-19 yang pertama kali diidentifikasi di Prancis.

Varian B.1.604.2 itu ditemukan oleh para ilmuwan di  Insitut Rumah Sakit Universitas Infeksi Méditerranée (IHU) pada 10 Desember 2021. Varian dengan 46 mutasi ini dideteksi pada pasien dari Forcalquier, wilayah Alpes-de-Haute-Provence.

Ia adalah seorang lelaki yang telah divaksinasi lengkap, yang telah kembali dari Kamerun pada November. Tiga hari kemudian dia dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala pernapasan ringan.

Selain itu, ada 12 kasus serupa ditemukan di dekat Marseilles. Data menunjukkan banyak dari pasien memerlukan rawat inap.

Kendati begitu, WHO sendiri mengatakan masih terlalu dini untuk menilai keparahan dari varian tersebut berdasarkan 12 kasus yang telah ditemukan.

"Varian telah ada dalam radar kami. Virus itu memiliki banyak peluang untuk menyebar," ujar manajemen insiden WHO untuk Covid, Abdi Mahamud dalam konferensi pers di Jenewa pada Selasa (4/1), seperti dimuat AP.

Sejauh ini WHO belum menyatakan apakah varian tersebut masuk ke dalam variant of interest atau variant of concern yang diklasifikasikan untuk virus corona SARS-CoV-2.

Sementara itu, Prancis sendiri tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang didorong oleh varian baru Omicron. Pada Selasa, Prancis mencatat rekor 271.686 kasus Covid-19 dalam sehari.

ARTIKEL LAINNYA