Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Data WHO: Sebaran Omicron Meluas, Kasus Covid-19 Naik 71 Persen dalam Sepekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 07 Januari 2022, 12:15 WIB
Data WHO: Sebaran Omicron Meluas, Kasus Covid-19 Naik 71 Persen dalam Sepekan
Dunia mengalami lonjakan kasus Covid-19/Net
rmol news logo Varian baru Omicron telah mendorong lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kasus Covid-19 naik 71 persen dari pekan lalu.

Pada Kamis (6/1), dunia mencatat rekor 9,5 juta kasus Covid-19 selama sepekan terakhir. Kenaikan jumlah kasus mingguan cukup bervariasi, dengan dua kali lipat di wilayah Amerika dan hanya 7 persen di Afrika.

"Pekan lalu, jumlah kasus Covid-19 tertinggi dilaporkan sejauh ini dalam pandemi," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip AP.

Khawatir dengan kemungkinan "tsunami" Omicron, WHO memperkirakan lonjakan kasus juga terjadi lantaran pengujian selama liburan akhir tahun berkurang.

Meski begitu, angka kematian mingguan yang tercatat menurun menjadi 41.178 kasus dari 44.680 kasus pada minggu sebelumnya. Itu artinya terjadi penurunan sebesar 10 persen.

Di sisi lain, WHO juga menekankan adanya jeda antara jumlah kasus dan kematian. Perubahan jumlah kematian sering tertinggal sekitar dua minggu di belakang evolusi jumlah kasus.

Walau demikian, vaksinasi yang meningkat diharapkan dapat membantu mengurangi angka kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA