Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kasus Omicron di Kota Bandung Diduga Transmisi Lokal

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 25 Januari 2022, 16:44 WIB
Kasus Omicron di Kota Bandung Diduga Transmisi Lokal
Plt Walikota Bandung, Yana Mulyana/RMOLJabar
Kasus Covid-19 varian Omicron di Kota Bandung patut diduga merupakan transmisi lokal. Hal ini diketahui karena tidak adanya rekam jejak perjalanan luar negeri dari 6 orang warga kota Bandung yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Begitu diungkapkan Plt Walikota Bandung, Yana Mulyana, di Kota Bandung, Senin (24/1).

"Dari enam orang ini ternyata tidak ada kontak dengan orang yang melakukan perjalanan dan mereka tidak melakukan perjalanan luar negeri," kata Yana.

"Jadi ini kelihatan transmisi lokal," tambahnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara memberikan dugaan yang sama. Menurutnya, kasus Omicron yang ditemukan merupakan transmisi lokal.

"Dua tidak ada riwayat perjalanan luar negeri ya, jadi awalnya kan dua yang diketahui, kemudian keluarganya jadi 6, tidak ada riwayat perjalanan luar negeri. Ya jadi patut diduga dari lokal ya," tutur Ahyani saat dikonfirmasi, Selasa (25/1).

Ahyani menambahkan, satu orang yang terpapar Covid-19 varian Omicron telah sembuh. Lima di antaranya masih menjalani perawatan.

"Kan enam orang ya, yang satu sudah dinyatakan sembuh. Yang lima masih menjalani isolasi di BPSDM Jabar di Cimahi," paparnya.

"Situasinya mereka baik kok, dari awal memang tanpa gejala begitu," tandas Ahyani.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA