Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Pastikan Covid-19 Luar Jawa-Bali Masih Level Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 30 Juni 2022, 09:24 WIB
Pemerintah Pastikan Covid-19 Luar Jawa-Bali Masih Level Aman
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 yang terjadi beberapa minggu terakhir masih dalam batas toleransi dan tidak menimbulkan kenaikan pada tingkat hospitalisasi dan jumlah kematian.

Per 28 Juni 2022, kasus harian di luar Jawa masih rendah, yakni 61 kasus (hanya 2,81% kasus harian nasional), dan tidak terlihat kenaikan tren kasus. Hal ini menyebabkan kasus aktif di luar Jawa-Bali sangat rendah, hanya 3,81% dari total kasus aktif nasional.

“Untuk positivity rate harian masih dalam level aman yakni kurang dari 5%, namun menunjukkan tren peningkatan dari sebesar 1,31% (11 Juni 2022) menjadi 3,46% (28 Juni 2022), dengan positivity rate mingguan 3,57%,” papar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Kamis (30/6).

Untuk menekan kenaikan akibat subvariant baru, pemerintah pun tetap menjalankan PPKM sampai 4 Juli 2022 dan mendorong terus pelaksanaan vaksinasi dosis-3 (booster) untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran varian dan subvarian baru, terutama BA.4 dan BA.5.

Capaian vaksinasi di luar Jawa Bali masih rendah. Per 28 Juni 2022 ada dua Provinsi dengan capaian vaksinasi di bawah 70 persen untuk dosis 1, yaitu Papua Barat dan Papua. Untuk vaksinasi dosis-2 masih ada 10 provinsi di bawah 70%.

Sedangkan untuk vaksinasi dosis-3 masih ada 23 provinsi dengan capaian di bawah 30%.

“Vaksinasi booster tetap terus diakselerasi mengingat kasus harian dan kasus aktif sudah mulai meningkat, di mana diperkirakan bisa mencapai puncaknya dalam beberapa minggu ke depan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA