Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gejala Ginjal Akut Sudah Menjangkit 12 Anak di Sumut, Kini Diobservasi

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 10:17 WIB
Gejala Ginjal Akut Sudah Menjangkit 12 Anak di Sumut, Kini Diobservasi
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Sebanyak 12 anak di Sumatera Utara menjalani observasi dan perawatan intensif karena mengalami gejala gagal ginjal akut.

Observasi dan pemeriksaan ini dilakukan di rumah sakit untuk melihat perkembangan kesehatan mereka.

"12 sedang diobservasi. (Mereka) masih diperiksa, belum tentu juga ginjal akut, kan sedang dicek, mudah-mudahan tidaklah,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi diberitakan Kantor Berita RMOLSumut, Kamis (20/10).

Gubernur Edy mengimbau kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan langsung berkoordinasi jika menemukan gejala tersebut. Imbauan ini ia sampaikan dalam bentuk surat imbauan tertanggal 19 Oktober 2022.

“Beberapa penekanannya adalah agar tenaga kesehatan pada fasilitas kesehatan, agar tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk cair/sirup untuk sementara waktu,” ujarnya.

Sebagai alternatif, dapat menggunakan bentuk sediaan lain seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal), dan lainnya.

Kemudian seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas/bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai ada pengumuman resmi lebih lanjut dari pemerintah.

Ditambahkan Edy Rahmayadi, dirinya terus berkoordinasi dengan pihak tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik, agar memberi pelayanan terbaik.

"Juga agar bersama-sama kita mencegah dan mengantisipasi ginjal akut ini. Semua sudah dikoordinasikan dengan by phone, baru dengan ahli dokter-dokter anak, bersama kepala-kepala puskesmas dan kepada dinas seluruh kabupaten/kota," pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA