Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mengenal BN.1, Subvarian Baru Omicron yang Ditemukan di Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 Desember 2022, 08:11 WIB
Mengenal BN.1, Subvarian Baru Omicron yang Ditemukan di Indonesia
Ilustrasi/Net
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan telah mendeteksi subvarian baru Omicron dari Covid-19. Subvarian dengan nama BN.1 sejauh ini telah menginfeksi 20 kasus yang tersebar di berbagai wilayah.

Data Kemenkes menunjukkan, varian ini pertama kali ditemukan di Kepulauan Riau. Hingga saat ini sembilan kasus tercatat di DKI Jakarta, lima kasus di Jawa Tengah, tiga kasus di Kepulauan Riau, satu kasus di Kalimantan Barat, dan satu kasus di Kalimantan Selatan.

"Masih belum ada data yang lebih lengkap mengenai apakah subvarian ini akan menyebabkan peningkatan kasus di Indonesia atau tidak," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Subvarian BN.1 sendiri sudah terdeteksi di lebih dari 30 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan India.

Di AS, subvarian ini sudah masuk daftar virus corona yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) lantaran sudah menyumbang empat persen dari total kasus Covid-19.

Meski sudah terdeteksi di beberapa negara, namun subvarian ini belum teridentifikasi menjadi sumber peningkatan kasus. Walau begitu, pakar Covid di Arkansas State University, Dr. Raj Rajnarayanan memperingatkan subarian ini sangat kebal.

ARTIKEL LAINNYA