Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Kolera Merajalela, Malawi Perpanjang Waktu Libur Sekolah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 03 Januari 2023, 08:21 WIB
Wabah Kolera Merajalela, Malawi Perpanjang Waktu Libur Sekolah
Vaksinasi kolera untuk anak-anak/Net
rmol news logo Semester baru akan dimulai pada 3 Januari, tetapi peningkatan kasus infeksi kolera dan kematian memaksa pemerintah membatalkan rencana pembukaan kembali sekolah untuk mengendalikan wabah tersebut.

Menurut Gugus Tugas Pemerintah Malawi untuk Penanganan Virus Covid-19 dan Kolera, semua siswa sekolah dasar dan menengah di Kota Blantyre dan Lilongwe diminta untuk tetap di rumah dan menerima vaksin kolera.

“Untuk semua pelajar lainnya di semua distrik kesehatan, otoritas masing-masing harus meningkatkan kepatuhan terhadap langkah-langkah pengendalian kolera yang direkomendasikan, termasuk vaksinasi kolera bagi mereka yang belum divaksinasi,” imbau badan tersebut seperti dimuat Nation Africa pada Senin (2/1).

Perpanjangan libur siswa akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Sejak pertama muncul pada Februari lalu, kolera telah membunuh 410 orang di Malawi dengan 13.837 orang positif mengidap penyakit dan 338 di antaranya telah dirawat di rumah sakit.

Pada November, Malawi menerima 2,9 juta dosis vaksin kolera dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bersamaan dengan penyebaran wabah besar-besaran di salah satu negara termiskin Afrika itu.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kolera adalah infeksi diare akut yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri Vibrio cholera.

Wabah kolera di Malawi terjadi akibat badai tropis Ana (Januari 2022) dan Siklon Gombe (Maret 2022) yang menyebabkan banjir parah,  perpindahan populasi besar yang sekarang kekurangan akses ke air bersih, sanitasi, dan kebersihan.

Saat ini, 27 dari 29 distrik di Malawi telah terdampak kolera dan tercatat sebagai wabah terbesar dalam sepuluh tahun terakhir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA