Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Endemi, Pemerintah Masih Perpanjang Status Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 03 April 2023, 19:20 WIB
Belum Endemi, Pemerintah Masih Perpanjang Status Pandemi
Menko PMK Muhadjir Effendy/Ist
rmol news logo Meskipun perkembangan Covid-19 di Indonesia menunjukkan tanda penurunan, namun pemerintah belum memutuskan mencabut status pandemi menjadi endemi.

"Status kedaruratan Covid-19 masih berlanjut, kami akan tunggu perkembangannya sampai Mei," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (3/4).

Muhadjir menyatakan, saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu pendapat WHO soal perkembangan pandemi Covid-19 hingga Mei mendatang.

Di sisi lain, pemerintah telah menutup operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (31/3).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyebut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), telah menyerahkan transisi pandemi ke endemi ke masing-masing negara.

"Jadi tahun ini adalah tahun di mana kita akan geser dari pandemi menjadi endemi. Kita sudah punya framework-nya, kita sudah bicara juga dengan WHO, dan WHO sudah bilang bahwa mereka juga akan me-review," kata Budi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI pada Rabu (8/2). rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA