Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng IIDI, Upaya Dokter Rayendra Cegah Stunting di Bogor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 03 April 2023, 23:56 WIB
Gandeng IIDI, Upaya Dokter Rayendra Cegah Stunting di Bogor
Dokter Rayendra (jaket merah)/Ist
rmol news logo Dokter Raendi Rayendra tak henti melakukan edukasi kesehatan kepada warga Kota Bogor. Kali ini, menyasar Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara.

Ia datang bersama Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Bogor, Muharti Dedi Abubakar. Kegiatan ini merupakan Bulan Bakti Istri Dokter 2023 dalam mendorong pencegahan stunting.

Diketahui, Dokter Rayendra dinobatkan sebagai kakak asuh cegah stunting untuk Kota Bogor oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dokter Rayendra menjelaskan, stunting  disebabkan berbagai faktor. Salah satunya karena kurangnya asupan penting seperti protein hewani, nabati dan zat besi. Untuk itu, sumber protein hewani sangat penting dan berguna bagi bayi untuk mencegah stunting.

"Kebanyakan masyarakat takut untuk memberi makan telur atau ikan kepada anaknya karena takut menimbulkan alergi dan sejenisnya. Padahal, protein hewani mengandung zat gizi lengkap yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak," kata Dokter Rayendra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (3/4).

Dipaparkan, pertumbuhan anak juga harus dipantau secara berkala di Posyandu. Ini penting untuk melihat keberhasilan intervensi sekaligus upaya deteksi dini masalah kesehatan gizi sehingga tidak terlambat ditangani.

Selain itu, lanjut Dokter Rayendra, pentingnya ASI eksklusif kepada bayi hingga berusia 6 bulan dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

"Mari kita bersama-sama dorong cegah stunting," pungkas Dokter Rayendra.

Acara Bulan Bakti Istri Dokter 2023 ini turut dihadiri  sejumlah pengurus IIDI Cabang kota Bogor, ahli gizi,  Lurah Tanah Baru, Ronny Kunaefi dan beberapa undangan lainnya. Kegiatan diakhiri dengan pembagian paket asupan gizi kepada anak. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA